Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Tasikmalaya, membuat hand sanitizer sendiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat..

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Tasikmalaya, Melalui Pusat Unggulan Institusi Poltekkes Kemenkes (PUI-PK) Tasikmalaya telah berhasil mengembangkan dan memproduksi hand sanitizer secara mandiri yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
seperti diketahui saat ini ketersediaan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer di pasar masyarakat sudah menjadi barang langka, kalaupun ada harganya selangit bisa berlipat lipat dari harga normal.

Hand sanitizer produksi Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya bukan untuk dijual. Tetapi dibagi-bagikan kepada tenaga kesehatan dan masyarakat secara gratis.

Sebanyak 100 hand sanitizer yang dikemas secara menarik tak kalah dengan produk di pasaran dibagikan secara percuma kepada petugas kesehatan dan masyarakat di Puskesmas Kahuripan Kota Tasikmalaya pada hari Rabu 18 maret 2020. 

Menurut Direktur Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya, Ani Radiati, bahwa ihwal produksi sendiri hand sanitizer ini adalah sebagai respon kondisi di lapangan yang semakin langka dan harganya yang semakin meroket sejak terjadinya Pandemi COVID-19.

PUI_PK Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya yang merupakan pusat unggulan di bidang kegawatdaruratan masalah kesehatan dan bencana langsung merespon bahwa kejadian Pandemi COVID-19 ini merupkan salah satu bencana nasional bahkan dunia, oleh karena itu perlu tindakan dan kontribusi nyata dalam upaya pencegahan penyakit ini.  


Inisiatif untuk memproduksi hand sanitizer seperti dituturkan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya Ani Radiati, karena dinilai tim medis  dan tenaga kesehatan di garda terdepan selama ini paling berisiko terkena virus tersebut. Sedangkan, persediaan hand sanitizer di pasaran saat ini semakin sulit.

Produk hasil penelitian Lab Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya ini telah lolos uji lembaga terkait dan telah bisa dimanfaatkan secara umum oleh masyarakat.
Upaya ini merupakan salah satu upaya PUI-PK Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya yang akan disusul oleh aksi-aksi lain untuk bersama-sama semua elemen melawan penyebaran penyakit yang disebabkan oleh Virus Corona (COVID-19).

Total Page Visits: 166 - Today Page Visits: 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *